Cara Mudah Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit pengeroposan tulang yang disebabkan kekurangan kalsium. sebuah survei di Kanada ditemukan kira-kira satu dari empat wanita dan satu dari delapan pria di atas usia 50 mengalami osteoporosis.

Penyakit ini sering tumbuh tidak terperhatikan dengan gejala-gejala awal seperti kelainan bentuk tubuh atau postur, kehilangan tinggi, kemampuan melakukan fungsi hidup sehari-hari berkurang dan bahkan sampai patah tulang.

Berikut cara mudah mencegah osteoporosis: Nutrisi Kalsium dan Vitamin D penting bagi kesehatan tulang. Menurut ahli gizi, secara umum konsumsi kalsium yang dianjurkan sekitar 1000-1500mg/hari dan 400-800IU/hari vitamin D. Adapun makanan mengandung kalsium dan vitamin D antara lain susu dan produk susu, sinar matahari, kedelai dan produk kedelai, ikan laut, kalsium yang berasal dari jus jeruk, kuning telur, yogurt, brokoli dan sayuran berdaun hijau.

  • Modifikasi gaya hidup Kurangi kebiasaan gaya hidup yang menjadi musuh kalsium seperti merokok, kafein dan alkohol karena partikel di dalamnya dapat menyebabkan hilangnya kalsium dari dalam tubuh. Lakukan olahraga seperti jalan kaki, jogging dan angkat beban dapat meningkatkan kepadatan tulang. Wanita aktif terbukti lebih kecil memiliki resiko patah tulang.
  • Mulai sejak muda Kepadatan tulang mencapai kepadatan maksimum antara 20-35 tahun dan kemudian stabil sampai menopouse. Karena itu yakinlah anda mendapatkan cukup nutrisi dan olahraga dalam usia-usia produktif. Ini akan membentuk kekuatan tulang sebelum perubahan hormonal pada saat menopouse. Penelitian baru-baru ini menujukan hasil menjanjikan dimana vitamin K dapat mengurangi pengeroposan tulang. Hal ini disebabkan vitamin K memungkinkan berinteraksi dengan pengobatan tertentu. Vitamin K banyak ditemukan dalam brokoli, kubis Brussel, daun selada dan bayam.

keluargasehat.com

%d bloggers like this: