Jenis Pembengkakan Saluran Kencing

PEMBENGKAKAN saluran kencing merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu menahan air kencing di dalam kandung kemih, sehingga air kencing tidak bisa dikendalikan. Ini bisa terjadi pada siapa saja, pria ataupun wanita.

Apa Saja Jenisnya?

Terdapat banyak jenis pembengkakan saluran kencing. Jenis yang paling umum adalah:

1. Pembengkakan Karena Tekanan
Air kencing keluar saat anda batuk, tertawa, bersin, mengangkat barang atau berlari. Menurut Institusi Penyakit Diabetes, Pencernaan dan Ginjal Nasional di Amerika, jenis ini lebih sering terjadi pada wanita.

2. Pembengkakan Dorongan
Anda akan merasa memiliki dorongan keras untuk kencing dan air kencing akan keluar, meskipun anda hanya minum sedikit. Kunjungan ke kamar mandi akan semakin sering.

3. Pembengkakan Meluap
Kandung kemih terasa penuh dan sedikit air kencing bisa saja keluar. Anda akan merasa kandung kemih terasa sangat penuh tapi Anda tidak bisa mengosongkannya. Jenis biasanya terjadi para pria yang mengalami pembengkakan prostat dan diabetes.

4. Pembengkakan Fungsional
Biasa terjadi pada mereka yang memiliki kandung kemih normal, tapi tidak mampu pergi ke kamar kecil karena pikun, depresi dan pengaruh lingkungan lainnya.

5. Pembengkakan Campuran
Ini adalah kombinasi antara pembengkakan tekanan dan dorongan. Sekitar 50 persen wanita yang mengalami pembengkakan tekanan dilaporkan juga memiliki gejala pembengkakan dorongan.

Jika Anda mengalami masalah ini, periksakan ke dokter. Dokter akan mempelajari riwayat medis dan mencatat kebiasaan kencing. Dia juga akan melakukan berbagai pemeriksaan fisik dan tes urin untuk mencari tahu penyebabnya. Tes nya meliputi cystocopy (pemeriksaan kelainan dalam kandung kemih) dan urodynamics (pemeriksaan otot kencang-renggang / sphincter pada saluran kencing).

Kompas

%d bloggers like this: