Tips Overclock Murah untuk Mainboard Gigabyte

Informasi terbaru dari Gigabyte, dengan motherboard murah tipe baru untuk overclocking. Tipe EP45-UD3P mampu memacu procesor Intel 45nm dengan hasil bervariasi.

Memilih kecepatan procesor akan menentukan tinggi kecepatan pada overclock

Procesor kelas Penryn memiliki kemampuan overclock lebih tinggi dibandingkan core lain. Tetapi dibagi pada model stepping yang berbeda. E8600 rupanya memiliki core stepping berbeda dibanding versi dibawahnya, karena memiliki stepping E0 terbaru.

E8500 mungkin menjadi pilihan kedua untuk dipacu, sayang masih mengunakan stepping lama dan jauh kemampuannya dibawah stepping E0. E8600 rata rata mampu dipacu diatas 6Ghz sedangkan E8500 memiliki potensi untuk dipacu diatas 4.5Ghz dan terakhir yang mungkin dipilihan adalah QX9650 dengan 4Ghz.

FSB chip dan disain mainboard adalah bagian paling penting untuk mencapai FSB tertinggi

Salah satu chipset yang memiliki FSB tertinggi adalah P45. Disain board yang khusus dan pendingin yang baik serta jumlah phase power besar akan membantu proses overclocking pada procesor. Banyak mengatakan, jumlah phase power merupakan kunci ketika motherboard dilakukan overclock. Jawaban ini mungkin berbeda. Selama jumlah phase dapat memberikan power stabil bagi procesor, perlengkapan hardware ini dapat diabaikan.

Jumlah Phase power dibutuhkan lebih banyak ditujukan untuk meringankan beban dari motherboard. Misalnya sebuah motherboard memiliki jumlah 6 phase dengan beban procesor 120W, maka setiap phase akan dibebankan dengan 20W. Bila phase power berjumlah 12 phase, dengan 120W beban procesor akan diberikan sebesar 10W untuk masing masing phase. Jumlah Phase bagi procesor dengan jumlah besar sangat dibutuhkan bila kondisi procesor sering mengalami full load atau bekerja penuh. Dengan beban penuh, pemakaian power lebih tinggi secara terus menerus terjadi. Sehingga untuk mengamankan motherboard agar mampu bekerja stabil, pembagian jumlah phase besar dibutuhkan.

Panas, konsumsi power dan voltage

Untuk memacu procesor diatas kecepatan standar memang diperlukan tambahan power pada procesor. Meningkatkan Vcore akan meningkatkan panas pada procesor, disarankan mengunakan cooler jenis air / water cooler sehingga panas procesor dapat diredam. Bila anda cukup serius membutuhkan kecepatan procesor pada pekerjaan, sebaiknya memikirkan konsumsi power dari computer. Menaikan 30% kecepatan procesor akan meningkatkan konsumsi power pada procesor diatas 100W. Bila melewati angka tersebut maka konsumsi power akan memiliki angka ratio lebih tinggi dan kurang efisien.

Power Supply juga dominan

Bila pemakaian power sudah mampu disuplai oleh power supply yang baik. Proses overclock tinggi lebih terjamin. Mengoverclock procesor memiliki ratio lebih boros. Untuk itu dibutuhkan power supply yang hemat dengan tingkat efisiensi sampai 80%.

Gigabyte saat ini mencoba memenuhi keinginan overclocking dengan harga mainboard lebih murah. Tipe Gigabyte GA-EP45-UD3P sudah dicoba untuk membuktikan kemampuannya dalam overclocking (data masih dirahasiakan)

Gigabyte GA-EP45-UD3P hanya ditawarkan dibawah 200 dollar, tetapi memiliki kemampuan yang sama pada mainboard mahal lainnya. Selain murah, Gigabyte GA-EP45-UD3P mengunakan fitur baru yaitu 2oz, dengan komponen jalur tembaga lebih tebal dibandingkan produk sejenis.

Posisi produk murah dari Gigabyte GA-EP45-UD3P nantinya akan membantu para pengemar overclocking. Satu sisi dapat dihemat dengan pemakaian board ini. Sisanya antara kemampuan procesor, power supply dan pendingin yang anda miliki. Sisi terakhir adalah memory, dengan harga memory tipe DDR2 mencapai tingkat terendah. Faktor ini sudah bebas dan tidak kami masukan didalam perhitungan overclocking.

Tertarik membangun PC baru, Gigabyte GA-EP45-UD3P mungkin menjadi pilihan. Walaupun dalam beberapa bulan mendatang akan muncul platform Nehalem Core i7. Dipastikan harganya tidak akan murah, dan butuh 6 bulan lebih agar harganya dapat terjangkau.

Pemanfaatan Tool Deteksi Spesifikasi CPU

CPU-Z adalah freeware gratis untuk mendeteksi spesifikasi komputer. Bagi netter yang sudah sering memakai freeware, tentu software yang satu ini tidak asing lagi.

Informasi yang dihasilkan antara lain nama processor, VGA, memori, mainboard, BIOS, cache dan informasi sisetm operasi. Informasi yang dihasilkan cukup detil, seperti nama mainboard, model, revisi ke berapa, pabrik pembuatnya, tanggal pembuatnya.

Sayangnya ada beberapa informasi yang tidak bisa dihasilkan freeware ini seperti informasi detil tentang VGA, Harddisk dan Power Supply.

ketok.com

Advertisements
%d bloggers like this: