Hepatitis

Hepatitis atau radang hati adalah virus dan bakteri leptospira sps. yang bisa menjadi akut(gawat) atau bahkan kronis(berkelanjutan). Hepatitis yang jenisnya paling popular adalah hepatitis A dan B. Namun belakangan muncul jenis-jenis lain yang kemudian mendapat nama secara alfabetis sesuai dengan urutan waktu penemuannya. Sampai saat ini jenisnya sudah sampai hepatitis G. Masing-masing punya ciri, namun rata-rata gejalanya sama. Umumnya bisa menjurus ke kondisi sirosis dan kanker hati jika tidak ditangani secara tuntas. Apalagi pada para carrier (pembawa virus tanpa menunjukkan gejala sakit).

Sayangnya, vaksin yang ada baru bisa mencegah terjangkitnya hepatitis A dan B. Meski begitu, peluang untuk sembuh dari berbagai penyakit ini masih terbuka, apalagi cangkok hati pun sudah mulai dimungkinkan.

Hepatitis merupakan penyakit yang lebih sering menjangkiti anak-anak muda. Tempat tinggal yang sesak, kebersihan yang tidak terjamin dan kurangnya makanan yang sehat sangat memegang peranan dalam menyebabkan timbulnya penyakit ini.

Penderita Hepatitis pantang makan bawang putih karena komposisi tertentu bawang putih terhadap lambung dan usus memiliki efek rangsangan, mempengaruhi nafsu makan dan pencernaan makanan, dapat memperparah rasa jemu, dan muak pada makanan yang berminyak, dapat menghambat pengeluaran percernaan usus. Dengan begitu penderita Hepatitis akan semakin mual apa lagi dengan melihat makanan.

infohidupsehat.com

%d bloggers like this: