Ilmuwan: Gen Kebotakan Diturunkan Dari Ayah

Para ilmuwan menyatakan gen yang menyebabkan sejumlah pria mengalami kebotakan secara dini seperti ayah mereka. Gen kebotakan hanya dapat diturunkan pada wanita kepada putranya, katanya.

Para ilmuwan menyatakan mereka pada akhirnya telah menemukan gen yang menyebabkan sejumlah pria mengalami kebotakan secara dini seperti ayah mereka.

Tim yang sama menemukan gen kebotakan tiga tahun lalu yang hanya dapat diturunkan pada wanita kepada putranya, yang memberikan penjelasan mengapa kebotakan pada sejumlah pria mirip dengan kakek mereka dari pihak ibu.

Kini para pakar genetika di dua universitas Jerman, Universitas Bonn dan Universitas Dusseldorf, telah membidik dengan tepat pada gen yang dapat diturunkan baik oleh ayah maupun ibu kepada putra mereka.

Dengan demikian jelas sudah mengapa sering dijumpai kemiripan antara ayah dan anak dalam masalah ketipisan rambut mereka.

Sekelompok ilmuwan Inggris pada waktu yang hampir bersamaan menemukan gen tersebut. Kedua penemuan disiarkan bersama dalam edisi online Nature Genetics, Minggu.

Tim Bonn yang dipimpin Axel Hilmer mengkaji lebih dari 500.000 pembawa tanda genetik ketika mereka memburu sifat yang khas pada pria yang mengalami kebotakan pada umur setengah baya atau lebih dini lagi.

Begitu mereka menemukan bagaimana gen mempengaruhi pertumbuhan rambut, penemuan tersebut akan memungkinkan dipertimbangkannya berbagai terapi untuk mencegah kebotakan.

Tim Hilmer memperingatkan bahwa gen lainnya juga memiliki berpotensi terlibat dalam mendorong ebotakan, sehingga membuat masalah itu menjadi semakin rumit.

hidayatullah.com

%d bloggers like this: