Memaksimalkan Driver

Sebagai sebuah perangkat yang dirancang buat mengolah sinyal-sinyal digital menjadi gambar, peran kartu grafis jelas amat vital. Tak heran jika banyak perancang kartu grafis berlomba-lomba meningkatkan kemampuan produknya dengan beragam cara, baik dengan melakukan inovasi-inovasi secara perangkat keras maupun inovasi untuk software pendukungnya.

Buat pengguna chip nVidia, software ini benar-benar memikat. Selain perangkat kerasnya yang memiliki kemampuan ciamik, driver pendukungnya pun cukup mumpuni buat mereka yang gemar mengutak-ngatik tampilan gambarnya. Apalagi dukungan software ini selalu di update secara periodik. Alhasil beberapa fitur tambahan bisa dinikmati jika pengguna produknya selalu memperbarui driver yang dipakai. Tentu saja ini juga akan sangat berpengaruh pada performa kerja dari kartu grafis tersebut.

Menariknya nVidia tampaknya cukup tahu kebutuhan para pemakai produknya. Ini terbukti dengan banyaknya fitur yang dibawa oleh driver yang diberikan. Alhasil, pengguna sebenarnya punya kesempatan sangat besar buat menggenjot tampilan gambar yang dihasilkan sesuai selera dan kebutuhan. Berikut adalah beberapa fitur yang bisa digunakan buat memaksimalkan kerja kartu grafis anda.

Pemilihan Monitor

Fitur ini memang sudah jadi perangkat standar buat kartu grafis. Beberapa sistem operasi lawas memang masih membutuhkan driver untuk monitor agar tampilan yang dihasilkan maksimal. Namun seiring dengan makin majunya sistem operasi, driver pendukung tidak diperlukan lagi mengingat sistem operasi secara otomatis sudah mengenali monitor yang dipasang.

Resolusi dan Refresh Rate

Ini adalah fitur maha penting yang diberikan oleh semua produsen kartu grafis. Adanya fitur ini membuat tampilan bisa maksimal dan nyaman di mata. Tingginya resolusi yang mampu dihasilkan memang sangat tergantung dari kemampuan kartu grafisnya selain juga dukungan dari monitornya sendiri. Dengan fitur ini anda bisa mengatur resolusi, kedalaman warna, serta refresh rate sesuai kemampuan dan kebutuhan. Makin tinggi kedalaman warna serta refresh rate tentu akan semakin baik karena gambar akan lebih nyaman di mata.

Color Correction Setting

Fitur ini dapat anda gunakan ketika anda merasa kurang nyaman dengan konfigurasi warna yang muncul pada layar. Konfigurasi ini memang sangat tergantung dengan selera masing-masing. Namun, kalau mau konfigurasinya seimbang, anda bisa tetap memilih pada setting defaultnya.

Screen Position

Fitur ini dapat digunakan buat mengatur lebar sempitnya tampilan gambar. Bila anda merasa kurang puas dengan lebar gambar atau posisi tampilan, dengan fitur ini anda bisa mengatur sesuai selera.

Performance & Quality Setting

Dengan fitur ini anda bisa mengakali kartu grafis anda agar memiliki kemampuan lebih baik. Ada 3 fitur yang bisa digunakan masing-masing Intellisample Setting Quality, Antialiasing-Application dan Anitsotropic Filtering. Ketiganya bisa diatur sesuai kebutuhan, apakah performanya yang ingin digenjot atau kualitas gambarnya yang ingin ditingkatkan. Pada menu ini juga tersedia pilihan untuk mempertajam tampilan tekstur gambar.

Direct 3D Setting

Pada bagian ini pengguna memiliki 3 opsi untuk pengoptimalan kartu grafis yaitu Enable Fog Table Emulation, Mipmap Detail Level dan PCI Texture Memori Size. Fitur Enable Fog Table Emulation bisa anda gunakan agar game-game lama yang anda senangi dapat berjalan dengan mulus.

Sementara pada Mipmap Detail Level anda bisa memiliha antara kualitas image yang bagus atau performa yang tinggi. Pilihan ini memang sangat tergantung kebutuhan anda. Fitur PCI Texture Memori Size memberikan kemungkinan alokasi memori yang lebih ke AGP agar proses kerjanya lebih baik lagi.

Clock Frequencies

Fitur ini dapat anda gunakan bila anda kurang puas dengan kemampuan dasar yang diberikan oleh kartu grafis anda. Pada fitur ini anda bisa menutak atik clock GPU maupun clock memory buffer yang ada pada kartu grafis. Namun, anda harus hati-hati bila ingin meningkatkan clock dari kedua fitur ini. Kalau clocknya terlalu tinggi bisa menimbulkan kerusakan pada kartu grafis anda. Anda juga bisa memilih setting tampilan apakah standar atau ingin lebih baik dengan memilih setting performance (3D).

Output Device

Fitur ini bisa digunakan bila anda menggunakan perangkat tampilan lain. Anda bisa gunakan fitur ini agar sistem bisa menggunakan perangkat tampilan tersebut secara maksimal. Biasanya fitur ini bisa dipakai bila anda menggandengkan tampilan antara monitor dengan televisi atau antara monitor CRT dengan LCD.

=Kiat PCplus=

%d bloggers like this: