Penelitian: Internet Bantu Pertajam Pikiran

Aktivitas googling mungkin membantu mengekalkan ketajaman fikiran para penggunanya, kata peneliti UCLA, Amerika Serikat (AS) kemarin

Peneliti di Universiti California Los Angeles mengkaji mereka yang melakukan penyelidikan web sambil aktivitas otak mereka direkam dengan MRI (Magnetic Resonance Imaging) .

Penelitian menunjukkan, berselancar di dunia maya dapat menstabilkan kinerja sistem saraf di otak. 50 persen dari jumlah itu merupakan orang yang memiliki pengalaman bermain internet.

MRI(Magnetic Resonance Imaging) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menghasilkan gambar organ dalam pada organisme hidup dan juga untuk menemukan jumlah kandungan air dalam struktur geologi.

Peneliti melakukan pemeriksaan elektronis otak MRI pada 24 sukarelawan antara umur 57 sampai 76. Diantaranya mempunyai pengalaman internet.

“Mereka yang berpengalaman dalam internet menggunakan lebih banyak aktivitas otak ketika melakukan penelitian,” kata Dr Gary Small, pakar penuaan di UCLA. “Apa yang kami lihat adalah otak orang yang sering berselancar di dunia maya bekerja lebih, dan itu memungkinkan otak untuk tetap aktif dan sehat,” tambah Gary.

Menurut Small, studi-studi yang dilakukan sebelumnya memang telah membuktikan setiap permainan yang membutuhkan tantangan seperti Puzzle dapat membantu kinerja fungsi otak, tapi belum ada penelitian yang membuktikan jika internet mampu melakukan hal yang serupa.

“Penelitian ini adalah penelitian pertama yang mensimulasikan kinerja otak saat bermain internet,” kata Small.

hidayatullah.com

%d bloggers like this: