Perawatan dan Pemeliharaan Mata

Degenerasi umumnya disebabkan oleh kurangnya perhatian terhadap asupan nutrisi bagi tubuh. Khusus untuk kesehatan mata asupan nutrisi yang dibutuhkan adalah pemenuhan vitamin A, B, C, dan E.

Selain vitamin A, vitamin C dibutuhkan tubuh untuk membangun pertahanan mata. Disarankan dalam sehari asupan vitamin ini sebanyak 10 mg. Vitamin B dan E sebagai antioksidan untuk melawan oksidan mata. Beberapa vitamin ini seyogyanya dapat dipenuhi agar mata tetap sehat dan terawat.

Selain nutrisi, mata juga membutuhkan perawatan dari luar. Mencermati dan mengenali berbagai masalah mata merupakan upaya perawatan dan pemeliharaan mata. Agar mata tetap sehat beberapa hal di bawah perlu diperhatikan, antara lain:

Perkembangan daya lihat dan ketajaman harus dicermati agar fungsi mata tetap optimal. Jangan membiasakan memakai obat mata. Hindari pemakaian yang berlebihan. Pemakai lensa kontak harus disiplin dalam kebersihan lensa.

Membatasi terlalu lama di depan layar komputer. Jika setiap hari bekerja dengan komputer, sering-seringlah mengedipkan mata agar mata tetap basah. Sesekali melepaskan pandangan mata dari layar komputer agar mata tidak mengalami kelelahan.

Jika bepergian apalagi mendapat terpaan langsung sinar matahari, biasakan memakai pelindung mata seperti kacamata gelap. Pilihlah kaca mata yang warnanya tidak membuat mata cepat lelah. Pakailah safety glass bagi pekerja yang berisiko terhadap keselamatan mata.

Usahakan memenuhi kecukupan nutrisi untuk kesehatan mata.

Hindari sering mengucek, menutupi, atau memejam, membaca dalam jarak dekat, menyipitkan mata, atau mengernyitkan alis.

Konsultasi dengan dokter mata secara berkala sesuai dengan perkembangan usia.

(idionline/NeT)
keluargasehat.com

Advertisements
%d bloggers like this: