Boscha Segera Operasikan Teropong Matahari

Observatorium Boscha akan segera mengoperasikan “Real Time Solar Telescope” atau teropong matahari pada awal tahun 2009.

“Pengerjaan perangkat teleskop itu sudah dilakukan kita buat sendiri di Institut Teknologi Bandung (ITB),” kata Kepala Observatorium Boscha ITB Lembang, Dr. Taufik Hidayat di Bandung.

Taufik menyebutkan, perangkat dan infrastruktur teleskop matahari itu ditargetkan selesai dirangkai pada akhir Desember 2008. Sehingga awal Januari sudah bisa dioperasikan dan dirancang untuk dimasukan ke dalam sistem online di Boscha.

“Setelah infrastruktur rangkanya tuntas, dalam satu hingga dua bulan ke depan akan segera diintegrasikan ke dalam sistemjaringan di Boscha,” kata Taufik Hidayat.

Teleskop matahari itu akan menggunakan lensa Corona dari AS dengan tiga filter untuk pengamatan pinggir matahari, spektrum dan cronospher dari sinar matahari.

“Semua data pantauan akan terekam secara digital dalam laporan lengkap yang terhubung ke dalam jaringan di sini. Hasilnya bisa dimanfaatkan oleh peneliti dan dikenali oleh masyarakat awal,” katanya.

Pembangunan teropong matahari pertama di Boscha ini membutuhkan biaya sekitar Rp400 juta. Boscha mendapat bantuan pembiayaan dari Belanda.

Observatorium Boscha rencananya akan menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk menyimpan dan meneliti data-data digital yang dihasilkan teleskop itu.

“Data pengamatan itu bisa langsung dilihat. Kami akan bekerjasama dengan LIPI untuk mengolah dan penyimpan data digital itu,” kata Taufik Hidayat.

Sementara itu, fasilitas aplikasi WorldWide Telescop dari Miscrosoft, merupakan salah satu perangkat terbaru di Boscha.

Perangkat WorldWide Telescope merupakan piranti lunak yang diciptakan untuk para peneliti dan masyarakat umum yang mempunyai minat terhadap astronomi.

Para peneliti atau pengunjung Boscha bisa menikmati tata surya, planet dan galaksi hasil bidikan teleskop terbaik di dunia seperti Hubble, Observatorium sinar-X Chandra serta lainnya.(Ant/OL-06)

mediaindonesia.com

Advertisements
%d bloggers like this: