Dakwah Dengan Memakai Kartu Resmi

Oleh: Asy Syaikh Yahya bin Ali Al Hajuri

Soal :
Dakwah di daerah kami dilarang kecuali dengan kartu resmi atau izin resmi dari pemerintah. Apa yang Syaikh nasihatkan kepada kami?

Jawab :
Bertakwalah semampumu!

﴿ لاَ يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا ﴾ [البقرة:286]

“Allah tidak membebani jiwa kecuali sesuai kemampuannya.” (Al Baqaroh:286)

Maka tidak diragukan lagi bahwa seseorang bisa berdakwah di mobil tidak ada yang membungkam mulutnya di mobil, begitu pula di rumahnya. Demi Allah, kalaulah tidak bisa mengajari kecuali keluarganya, maka dia digolongkan orang yang beruntung dan berhasil dan termasuk da’i kepada Allah. Dan dia telah menghasilkan kebaikan. Dakwah kepada yang datang berziarah ke rumahnya atau lewat telepon atau yang lainnya.

Allah taala berfirman:

﴿ فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ﴾ [التغابن:16]

“Bertakwalah semampu kalian” (At Taghobun:16)

Dan apabila mampu untuk menulis dan mengarang, hendaklah menulis yang bermanfaat bagi manusia dan menyebarkannya dan mengarahkan manusia ke tempat mencari ilmu yang bermanfaat. Dan barangsiapa yang memberinya kartu ijin untuk dakwah kepada Allah ambillah, dan bila tidak dikasih atau mereka mewajibkan dengan sebagian perkara yang menyelisihi atau memberikan beban materi yang memberatkannya maka berdakwahlah kepada Allah seperti yang kami sebutkan tadi dengan tetap menjaga sopan santun dan lemah lembut dan menetapi sebab-sebab diterimanya dakwah dari sisi ilmu dan sunnah, wabillahittaufiq.

(Al As’ilah Malaiziah)

Sumber: Fatwa-fatwa Syaikh Yahya Al Hajuri atas pertanyaan manca negara
ulamasunnah.wordpress.com

%d bloggers like this: