Lima Tanda Lelah Mental

Jika Anda mendadak jadi pemarah, berteriak kepada seseorang yang Anda kasihi atau berdebar-debar, itu merupakan simtom stres. Itu tanda atau gejala yang mudah diketahui. Selain itu, ternyata ada banyak kondisi yang sebetulnya mengarah pada terjadinya kelelahan mental alias stres, tetapi Anda sendiri tidak menyadarinya.

Coba perhatikan dan cocokkan dengan kondisi diri Anda saat ini, apakah lima tanda kelelahan mental ini sedang Anda alami?

  1. Anda masuk ke suatu ruangan, tetapi tidak ingat hendak melakukan apa. Hormon stres kortisol melemahkan memori atau ingatan, membuat Anda lebih cenderung untuk lupa atas apa yang Anda sedang kerjakan.
  2. Anda mengalami memar-memar tanpa tahu penyebabnya. Melakukan sesuatu seperti orang “gila” saat stres membuat Anda lebih sering membentur sesuatu. Dan saat stres, tubuh Anda menghasilkan zat kimia pembunuh rasa nyeri menjadi lebih tinggi. Yang berarti, Anda tidak merasakan benturan yang terjadi.
  3. Gigi Anda bergemeretuk. Normalnya, gigi hanya menyentuh satu sama lain pada saat mengunyah makanan. Namun, saat Anda stres, Anda sering mengunci rahang.
  4. Mata kering. Salah satu tanda stres adalah tidak sering mengedip. Hal ini akan menghentikan Anda untuk mengisi kembali lapisan air mata sehingga membuat mata menjadi kering, merah, dan terasa seperti ada pasir.
  5. Anda bermusuhan dengan sayur. Saat stres, Anda menjadi lebih sensitif terhadap rasa pahit atau asam. Hal ini bisa membuat Anda menjauhi sayur, misalnya terung.

Senior / cybermed.cbn.net.id

%d bloggers like this: