Teknik Pencabutan dan Pemasangan Switch On/Off

Kali ini Wahana Ponsel dan Raja Ponsel akan memberikan tips dan triks untuk melakukan pencabutan dan pemasangan tombol atau saklar switch on/off pada perangkat handphone, masalah ini terkadang terlihat sangat sepele atau sangat mudah sekali, namun jika kita tidak mengetahui teknik dalam melakukan pencabutan atau pemasangan switch on/off maka akan menyebabkan dampak yang sangat berat juga, missalkan saat melakukan pencabutan switch on/off terjadi putus jalur atau terangkatnya jalur pada pcb handphone yang berada dibawah tombol switch on/off, akibat kerusakan ini akhirnya kita diharuskan untuk melakukan teknik jumper, sedangkan jika kita benar-benar telah memahami bagaimana cara melepas atau mencabut tombol switch on/off dengan benar, maka hal yang demikian sangatlah kecil untuk terjadi. Dibawah ini adalah langkah-langkah dan persiapan serta teknik dalam melakukan pencabutan dan pemasangan tombol atau saklar switch on/off.

Teknik Pencabutan Tombol Switch On/Off

Anda dapat menggunakan penjepit papan pcb atau penjepit board agar memudahkan dan mengurangi pergeseran PCB sewaktu pelepasan dan pemasangan tombol switch on/off, untuk penggantian tombol atau saklar sakelar switch On/off, sebaiknya menggunakan dua mata solder agar tidak terjadi kerusakan pada jalur PCB, dua mata solder ini digunakan dalam posisi tidur terutama pada sakelar On/Off yang mempunyai 4 kaki, pastikan mata solder telah cukup panasn dan pastikan menggunakan mata solder yang mempunyai ujung mata yang lancip dan pada ujung mata solder dapat menempel timah,

setelah yakin ujung mata solder bagus lalu tempelkan ujung mata solder dalam kondisi tidur pada kaki kaki sakelar On dan diamkan kira kira 5 -7 detik hingga terlihat timah pada kaki sakelar On melumer dan kelihatan cair, setelah timah tersebut cair geser kedua solder kearah atas untuk menarik sakelar yang rusak. Setelah sakelar terangkat bersihkan sisa timah pada PCB ponsel dengan cara mengangkat sisa timah dengan menggunakan kawat serabut jika diperlukan. Pada rangkaian elektronik lain biasa digunakan pompa penyedot timah untuk pengangkatan sisa timah tetapi pada rangkaian ponsel cukup digunakan kawat serabut karena timah yang tersisa tidak terlalu banyak sehingga dengan menggunakan kawat serabut sudah cukup.

Teknik Pembersihan Sisa Timah Pada Papan PCB

Letakkan kawat serabut pada songka pasta , lalu angkat dan letakkan pada tempat yang terdapat sisa timah yang akan dibersihkan. Posisi ujung mata solder diletakkan diatas kawat serabut diamkan beberapa saat setelah yakin timah dibawah kabel serabut cair, geser kawat serabut bersamaan dengan menggeser solder kearah atas atau samping maka saat itu juga sisa timah terangkat dan menempel pada kawat serabut sehingga permukaan timah pada PCB rata, Setelah timah pada PCB rata maka sakelar on/off siap dipasang.

Teknik Pemasangan Tombol Switch On/Off

Anda dapat menggunakan penjepit papan pcb atau penjepit board agar memudahkan dan mengurangi pergeseran PCB sewaktu pelepasan dan pemasangan tombol switch on/off, anda cukup menggunakan satu mata solder, sebelum tombol switch On/Off yang baru dipasang sebaiknya anda cek lebih dahulu dengan menggunakan multi tester, pastikan switch On/Off yang akan anda pasang dalam kondisi bagus atau dapat digunakan, Letakkan switch On/Off pada posisi jalur yang tepat yang ada pada PCB ponsel. Pada ujung mata solder beri timah secukupnya lalu letakkan pada kaki – kaki switch On/Off yang sudah anda letakkan dan anda pegang dengan bantuan penjepit atau pinset pada PCB ponsel, solder satu persatu hingga telah tersolder atau terpatri dengan baik pada PCB ponsel. Pastikan jangan sampai antara kaki kakinya terhubung karena jika terhubung maka sakelar akan otomatis On tanpa harus menekan switch On/Off.

Cara pengetesan langsung dapat anda lakukan dengan cara masukkan baterai pada back casing ponsel, kemudian letakkan PCB ponsel lalu tekan switch On/Off tanpa harus menutup PCB dengan casing ponsel, setelah menekan switch On/Off pada ponsel maka ponsel sudah dapat hidup dan hal ini berarti pemasangan sudah berhasil dilakukan.

wahanaponsel.com

%d bloggers like this: