Tips Membuat “Strong Password”

Saat ini dengan banyaknya account yang kita miliki, mulai dari email, website, login bank, dan login ke account penting di Internet lainnya, mengharuskan kita membuat password yang cukup kuat, agar keamanan lebih terjamin. Apalagi jika account tersebut menyangkut informasi yang sangat penting, maka harus lebih memperhatikan masalah password ini.

Ada berbagai tips untuk membuat password yang kuat termasuk software untuk membuatnya pun banyak bertebaran di internet. Tetapi jika dihasilkan dari software, maka biasanya akan ditampilkan secara acak. Jadi meskipun kuat, tetapi sulit diingat. Bagaimana tips membuat Strong Password?

Ada tiga komponen penting agar text password yang dibuat merupakan Strong Password, yaitu panjang, kombinasi huruf dan bukan merupakan kata-kata atau istilah umum.

Buat Password yang panjang

Setiap huruf yang ditambahkan ke password kita, maka akan menambah keamanan dan kekuatan password tersebut. Password yang disarankan minimal memiliki panjang 8 huruf (meskipun ada yang minimal 7 huruf), dan idealnya 14 huruf atau lebih. Sebagai contoh password dengan panjang 15 huruf abjad acak saja bisa lebih kuat 33.000 kali dibanding password dengan panjang 8 huruf acak dari huruf di keyboard.

Kombinasikan Huruf abjad, angka dan simbol

Semakin besar kombinasi ketika komponen ini, maka kekuatan password akan semakin bertambah. Jika tidak bisa menggunakan simbol, maka alternatifnya dengan menambah panjang password tersebut. Meskipun Idealnya password yang kuat merupakan kombinasi ketiga komponen diatas.

Huruf abjad (letters) adalah karakter a,b,c… z dan A,B,C…Z, angka merupakan bilangan 0,1,2,3..9 dan simbol adalah huruf selain abjad dan bilangan, seperti #$%^&*(&:”./{}.

Hindari password yang merupakan kata/istilah umum

Seperti misalnya tanggal lahir kita, nama kita, tahun kelahiran dan sebagainya. Karena biasanya password tersebut akan mudah diketahui orang lain. Termasuk juga kata-kata yang sering diucapkan, kata-kata populer dan sejenisnya. Biasanya program password cracker sudah mempunyai atau menyiapkan database kata-kata tersebut.

Tetapi selain ketiga komponen diatas, ada satu lagi yang juga penting untuk diperhatikan, yaitu password tersebut mudah kita ingat, karena meskipun kuat, tetapi susah diingat akan sama saja, kadang malah merepotkan dan memusingkan.

Beberapa tips lain yang perlu diperhatikan ketika membuat password

  • Hindari membuat password dengan huruf-huruf yang urut, misalnya “123456789″, “33333″ atau “abcdef” dan sebagainya
  • Hindari password yang hanya mengubah huruf yang mirip angka saja. Misalnya mempunyai nama agus, dan membuat pasword “46u5″ maka ini akan lebih mudah ditebak. “Password” diubah menjadi “P4ssw0rd”. Sebaiknya digunakan kombinasi panjang dan tambahan komponen lainnya
  • Hindari kata-kata yang udah umum, seperti nama, tempat lahir, tanggal lahir, sekolah, kuliah dan sebagainya
  • Buat password yang berbeda untuk beberapa account penting

Bagaimana untuk mengecek apakah password kita lemah, sedang atau kuat ?

Saat ini ketika kita membuat account, maka biasanya sudah disediakan informasi kekuatan password kita, misalnya di yahoo, google, wordpress dan lainnya. Alternatif lainnya bisa menggunakan fasilitas Password Checker, yang merupakan fasilitas untuk mengetahui seberapa kuat password yang dituliskan. Fasilitas ini tidak akan merekam apa yang diketikkan.

ebsoft.web.id

%d bloggers like this: