Jurus merawat AC mobil

Sangatlah tidak nyaman jika AC mobil sedang mengalami kerusakan. Ditengah panasnya siang hari tanpa penyejuk udara atau AC, tentu dapat membuat tubuh anda berkeringat atau mungkin lebih dari hanya sekedar itu. Merawat AC mobil sebelum terjadinya kerusakan adalah salah satu solusi tepat, karena selain anda dapat selalu berkendara dengan nyaman juga bermanfaat guna mengurangi anggaran pengeluaran biaya.

Langkah perawatan yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:

Langkah ke-satu menjaga kebersihan

Debu dan kotoran didalam kabin adalah salah satu faktor dari rusaknya AC mobil. Oleh dari itu jagalah selalu kebersihan dalam kabin mobil. Paling utama dua buah karpet pada bagian depan, sebab debu dan kotoran tersebut akan tersedot oleh evaporator. Sehingga akan menimbulkan bau yang tidak sedap disaat awal AC mobil dihidupkan dan bisa menciptakan spora dan jamur yang merugikan kesehatan. Selain itu janganlah merokok didalam mobil karena asap rokok juga dapat membuat evaporator menjadi kotor.

Langkah ke-dua mencuci kondensor

Pada saat mencuci mobil, siram atau semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor AC yang terletak didepan radiator. Debu atau kotoran yang menempel bila dibiarkan terlalu lama akan menempel keras dan dapat mengakibatkan korosi atau keropos, yang pada akhirnya akan membuat kondensor menjadi bocor.

Langkah ke-tiga posisikan mobil ditempat yang teduh

Usahakan untuk memilih tempat parkir yang teduh, karena udara dalam kabin mobil yang panas dapat mengakibatkan butuhnya proses pendinginan yang lama. Beban pendinginan saat mobil berjalan pun semakin tinggi.

Langkah ke-empat cek kondisi kipas atau extra fan

Cek kondisi kipas yang berada didepan kondensor apakah turut hidup bila AC dihidupkan. Bila tidak segeralah diganti, karena akan mengakibatkan kompresor rusak.

Langkah ke-lima metode menggunakan AC mobil dengan benar

Ingatlah selalu sebelum mematikan mesin mobil matikan dulu AC, dan untuk menghidupkan mesin mobil usahakan AC selalu dalam keadaan tidak hidup. Kemudian untuk menghidupkan AC lakukanlah sesudah kondisi mesin mobil stabil. Jangan menurunkan temperatur pada saat kendaraan melaju kencang, karena akan memaksimalkan beban kompresor AC.

Penyejuk udara atau AC adalah salah satu alat bantu nyamannya berkendara, oleh dari itu rawatlah selalu AC mobil anda. Karena kenyamanan ialah salah satu tujuan anda memiliki kendaraan. Demikian sedikit tips untuk merawat penyejuk udara atau AC mobil anda, Semoga bermanfaat.

namaotomotif.com.

%d bloggers like this: