Waspadai Knalpot Nembak

Mengejar standar Euro 2 hampir semua motor keluaran baru mengaplikasi fitur penekan emisi gas buang. Meskipun fungsinya sama tapi setiap pabrikan punya istilah sendiri. Misalnya Suzuki menyebut fitur ini PAIR System, Yamaha memberi nama Air Induction System (AIS), lantas Honda berjuluk PAIR Control Valve.

Namun seiring hadirnya fitur baru ini ternyata juga diikuti munculnya penyakit baru. Ciri khas fitur Euro 2 bermasalah ujung knalpot meletup dar…der…dor…! “Kasus ini bisa menimpa motor apa saja asal sudah mengaplikasi fitur Euro 2. Gue pernah benerin punya Honda Karisma dan Yamaha Mio,” ujar Abbot, mekanik Abbot Speed di Kemandoran, Jaksel.

Nah, buat bikers pemilik Suzuki harus waspada tuh, siapa tahu ketular virus yang menimpa Karisma dan Mio. Sebab mulai Suzuki Satria FU150, New Smash dan New Shogun 125 sudah mengaplikasi sistem PAIR. Hanya letaknya aja yang berlaianan. Jadi harus waspada serangan virus knalpot nembak.

wkn1

Biar cepat paham enaknya langsung praktik. Misal ngecek sistem PAIR punya New Smash. Letaknya di kepala silinder dekat busi. “Langkah awal lepas selang PAIR yang menuju filter udara. Coba tiup dan tidak boleh bocor (gbr.1),” lanjut Abbot.

wkn2

Jika ada kebocoran berarti katup PAIR yang bekerja berdasarkan vakum dari intake manifold sudah aus. Langkah berikutnya bongkar komponen PAIR. Cek apakah lidah membran yang menempel pada head terganjal kotoran atau posisi menganga (gbr.2). Bersihkan dan rapatkan kembali.

wkn3

Saran Abbot, apabila sistem PAIR tidak bisa direparasi, untuk sementara sistem PAIR bisa dimatikan. Selang agak besar dari katup PAIR yang menuju filter udara disumbat (gbr.3). Begitu juga pipa kecil yang terhubung intake manifold disumbat. Semoga knalpot enggak main tembak lagi.

Penulis: Zoelis / Foto: Salim
Otomotifnet.com

Advertisements
%d bloggers like this: