Printer Berbahan Jagung

Jagung tak sekadar enak dibikin brondong. Ia pun bisa menjadi bahan komponen alat elektronik. Salah satunya printer.

Inilah yang dicoba oleh Puji Xerox dengan produk printer terbarunya, DocuPrint C2255 yang diluncurkan di Jakarta pada Kamis lalu. Salah satu komponennya memakai bahan jagung.

Jagung memang bisa diubah menjadi material plastik biomassa. Material ini terbilang ramah lingkungan lantaran lebih mudah terurai ketimbang plastik biasa.

“Tapi memang biaya produksi plastik biomassa masih mahal, makanya belum semua komponen bisa dibuat dengan bahan itu,” kata Teddy Susanto, Country Sales Manager Indonesia Puji Xerox.

DocuPrint C2255 juga memakai teknologi LED untuk memindai dokumen yang akan dicetak. Teknologi ini, kata Teddy, bisa menghasilkan resolusi yang lebih bagus ketimbang laser biasa.

Bohlam-bohlam LED yang ada pada printer itu jumlahnya mencapai 14.500 buah, Bila ada bohlam yang rusak atau mati, maka bohlam di sekitarnya akan segera menggantikan fungsinya. Teknologi ini menghasilkan printer dengan suara senyap.

Pada saat yang sama, Puji Xerox juga meluncurkan sepasang printer hitam putih baru dari seri Phaser, yaitu Phaser 3124 dan 3125. Kedua printer entry-level ini menawarkan kecepatan cetak yang tinggi, yaitu 24 halaman per menit. Ini memang di atas printer merek lain.

tempo.co.id

%d bloggers like this: