Adenium: Bongol Kembar Siam

Seri Membentuk Bongol/Akar Indah Untuk membentuk bongol yang dempet (bisa dua, tiga atau empat), hampir sama caranya dengan teknik grafting.

Kalau pada grafting kita menyambung batang atas dan batang bawah, maka dalam membentuk bongol dempet, kita menyambung beberapa bongol menjadi satu.
Persiapan

Yang harus kita persiapkan dalam hal ini antara lain:

  • Dua atau lebih bongol untuk disambung. Usahakan ukuran bongol sama.
  • Satu pot yang bersih & steril untuk media tanam.
  • Media tanam yang steril, untuk mensterilkan media tanam ada beberapa cara, yaitu bisa dengan menjemur media tanam pada matahari yang terik selama beberapa hari, bisa dengan menyiramkan air yang mendidih lalu dikeringkan atau dengan memanaskannya pada oven atau microwave.
  • Pisau yang tajam dan steril untuk memotong/menyayat.
  • Kain bersih/kertas bersih untuk membersihkan pisau setiap habis memotong/menyayat Adenium agar terjaga kebersihannya.
  • Plastik yang elastik untuk mengikat sambungan agar bisa menyatu. Plastik yang dipakai dianjurkan dipotong 1-2 cm memanjang, ukuran panjang tergantung dari diameter yang akan diikat. (biasanya cukup 20-30 cm).

Langkah 1:
Bersihkan bongol yang akan dipakai, agar sayatan pada bongol tidak terkena infeksi nantinya. Bila perlu mencucui dengan air, bongol harus dikering anginkan terlebih dahulu. Pilih bongol yang sama besar dan ukurannya, agar nanti pertumbuhannya bisa rata antara bongol yang disatukan. Buang akar rambutnya yang mungkin bisa mengganggu, untuk memacu pertumbuhan, bisa direndam pemacu tumbuh dan dikering-anginkan (ex – NovelGro, Tapid-Root, etc).

Langkah 2:
Setelah bongol bersih dan sudah kering, lakukan sayatan pada posisi-sisi bongol yang akan disatukan. Usahakan sayatan pada bongol sama besar dan simetris/rata sehingga bila bongol-bongol yang akan disatukan bisa nempel dengan rata. Ini sangat penting agar bongol yang akan disatukan bisa cepat pulih dan sambungan bisa kuat. Bila ingin menggabungkan 3 atau lebih bongol, dianjurkan untuk melihat dulu bagian-bagian yang akan digabungkan, bila perlu diberi tanda menggunakan spidol daerah yang akan disayat. Setiap kali habis menyayat/memotong Adenium, pisau yang dipakai dianjurkan segera di-lap bersih.

Langkah 3:
Tempelkan bongol-bongol yang sudah disayat dan segera diikat dengan plastik yang sudah disediakan. Ikatan tidak perlu kencang, asal cukup untuk mengikat bongol yang diosambung agar tidak mudah lepas. Usahakan agar setiap sayatan di bongol tertempel dengan rapi dantidak ada luka sayatan yang menganga karena akan menyebabkan infeksi, bongol akan menjadi busuk atau rusak.

Langkah terakhir:
Langkah selanjutnya , tentu saja potting.
Usahakan agar bagian sayatan tidak terkena media tanam. Benamkan bongol hingga batas ikatan plastik. Basahkan media dan taruh di tempat teduh selama +/- 1 minggu. Setelah itu perlakukan seperti biasa. Setelah 1 1/2 bulan, ikatan dapat dilepas, dan benamkan seluruh bongol pada media tanam agar pertumbuhannya lebih bagus.:

Koleksi : Fendi Salim, Sunter
kebonkembang.com

Advertisements
%d bloggers like this: