Olahraga Untuk Menghindari Penyakit Kronis

Tidak ada yang menyangkal olahraga akan membuat tubuh sehat. Semakin sering kita berolahraga, sebenarnya semakin besar peluang kita untuk terhindar dari penyakit kronis. Jika Anda peduli pada kesehatan, mulailah sediakan waktu untuk berolahraga!

Berikut beberapa gerakan yang dapat Anda lakukan untuk terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat mengancam kesehatan Anda :

Penyakit Jantung

Gerakan sederhana tetapi rutin, selama 30 menit tiap hari dapat meningkatkan perlindungan sistem cardiovascular pada jantung. Olahraga yang disarankan adalah jenis erobik; joging, berenang, jalan kaki, bersepeda, atau senam jantung sehat.

Peringatan!
Jika Anda tidak biasa melakukan olahraga rutin atau memiliki risiko terkena gangguan jantung, jangan langsung melakukan aktivitas fisik yang membuat jantung bekerja keras secara tiba-tiba.

Diabetes Tipe 2 (kadar gula dalam darah tinggi)

Jika Anda mempunyai kecenderungan terkena gangguan kesehatan ini, tindakan pencegahannya adalah meningkatkan aktivitas fisik sederhana menjadi lebih sering dan rutin.

Jenis yang disarankan antara lain; jalan cepat selama satu jam atau lebih setiap hari. Latihan ini juga bisa mencegah terjadi kelebihan berat badan, yang merupakan salah satu faktor pemicu diabetes tipe 2 ini.

Kanker

Lakukan gerakan yang enerjik, seperti jalan cepat. Gerakan enerjik ini akan menghindarkan Anda dari penyakit kanker usus besar. Selain itu, aktivitas yang teratur dapat mengontrol berat badan, sehingga Anda terhindar dari obesitas yang merupakan salah satu faktor pemicu kanker.

Menurut Profesor Gordon McVie dari Cancer Research Campaign di Universitas Aberdeen, Inggris, aktivitas rutin, seperti pekerjaan rumah tangga dan berkebun dapat dihitung sebagai olahraga yang berguna mencegah kanker.

Osteoporosis

Aktivitas fisik sejak usia muda sangat disarankan untuk menghindari gangguan “pengeroposan” tulang ini. Joging, berenang, dan gerakan-gerakan melompat diketahui dapat melatih tulang.

Gerakan – gerakan tersebut akan meningkatkan massa tulang Anda sampai maksimal. Latihan ini akan mempertahankan massa tulang serta kordinasi dan keseimbangan.

conectique.com

%d bloggers like this: