Menyalakan PC dengan Beragam Cara

Namanya komputer memang canggih yang bisa diprogram untuk berbagai macam keperluan. Kemampuan kerjanya pun bisa diatur sesuai dengan keinginan penggunanya. Termasuk untuk urusan menyalakan dan mematikan.

Cara penyalaannya misalnya, bisa diatur sesuai keinginan. Kalau umumnya pengguna PC menyalakan PC dengan tombol power dari front panel casing, para jagoan PC meninggakan cara konvensional ini. Apalagi beragam macam cara bisa dipakai untuk hanya sekedar menyalakan PC.

Pertimbangannya sederhana: demi keamanan PC. Maklum, buat sebagian orang yang berharga dari PC bukanlah perangkat kerasnya, melainkan data-data yang tersimpan di dalamnya. Maka dari itu, wajar bila sebagian orang mengeluarkan jurus-jurus jitunya agar PC miliknya tidak gampang diakses orang yang tidak berkepentingan, termasuk untuk menyalakan sekalipun.

BIOS pada motherboard sendiri sebenarnya sudah mendukung cara penyalaan PC selain menggunakan tombol power, meski fitur pendukung semacam ini tidak selalu terdapat pada BIOS setiap motherboard. Jenisnya pun berbeda-beda, sesuai model dari pabrik pembuatnya. Cara penyalaan PC lewat BIOS ini sendiri boleh dibilang jadi cara yang paling mudah, sekaligus cukup manjur buat mempersulit orang yang tidak berkepentingan menyalakan PC anda.

Ada beberapa syarat yagn sebaiknya dipenuhi agar cara semacam ini tetap bisa digunakan sesuai keinginan.

Pertama, pastikan PC anda tetap memperoleh aliran listrik alias sistem dalam keadaan standby. Untuk itu, pastikan kabel power dari jala-jala listrik tetap terhubung ke power supply sistem PC. Switch power yang juga terdapat pada beberapa power supply tidak boleh diatur pada posisi 0, agar tidak mudah dicabut dan diubah-ubah settingannya, buatlah agar posisi power supply dan kabel power sulit dijangkau.

Kedua, agar tidak mudah dibobol, anda bisa mencabut kabel front panel untuk tombol power dari pin-nya. Langkah ini untuk menghindari orang lain menyalakan PC dengan cara standar. Ini sekaligus untuk mengecoh agar orang lain menyangka PC anda memang rusak. Syarat kedua ini bisa dijalankan asal sistem anda tersimpan dalam casing yang tertutup rapi supaya ‘penyusup” tak tahu kalau kabel untuk tombol power sudah tercabut dari pin di front panel. Ini juga menghindari agar penyusup tadi hendak menjalankan clear CMOS.

Nah setelah syarat-syaratnya sudah dipenuhi anda bisa mulai menjalankan salah satu dari sekian fitur pada BIOS untuk menyalakan sistem PC anda.

1.    Wake on Mouse
Untuk dapat mengaktifkan fungsi ini, terlebih dahulu anda harus masuk ke BIOS dan menyalakan fungsi wake on mouse. Buatlah fitur ini dalam keadaan enable. Pada beberapa BIOS, anda bisa mengatur tombol mana pada mouse yang bisa difungsikan untuk “membangunkan”sistem dari “tidurnya”. Anda bisa memilih antara klik kiri ataupun klik kanan. Yang perlu anda lakukan adalah memilih salah satu opsi yang tersedia tersebut. Setelah fungsi ini dijalankan, nantinya anda bisa menyalakan PC dengan tidak menekan tombol power. Cukup dengan mengklik salah satu tombol mouse, sistem anda sudah bisa menyala

2.    Wake on Keyboard
Fitur ini memang tidak dimiliki oleh semua BIOS. Kalaupun ada, pada beberapa sistem komputer fitur ini tidak bisa dijalankan sama sekali, meskipun fitur semacam ini sudah anda aktifkan. Pada beberapa sistem BIOS, penggunanya bisa memilih beberapa opsi yang bisa dijadikan tombol pemicu menyalakan sistem. Beberapa merupakan satu tombol, namun beberapa merupakan gabungan dari dua buah tombol. Tombol-tombol keyoard yang bisa dipakai ini antara lain tombol space bar, power, wake up dan tombol Ctrl+Esc. Cara pngaktifannya sendiri amatlah mudah. Yang perlu anda lakukan adalah mencari fitur wake on keyboard, lalu memilih tombol mana yang akan dijadikan pemicu. Pada beberapa BIOS, pilihan yang diberikan bahkan lebih asyik lagi, dimana penggunanya bisa menentukan sendiri tombol-tombol yang bisa dijadikan pemicu menyalanya sistem. Namun sayangnya, sistem yang semacam ini sudah jarang ditemui.

3.    Automatic Power Up
Kalau anda memiliki fitur ini, berarti PC anda bisa dinyalakan menurut waktunya, terserahkeinginan. Beberapa sistem yang menggunakan sistem ini bisa memilih opsi, apakah menyalakan PC secara otomatis setiap hari atau berdasarkan tanggal yang diinginkan. Uniknya bila berdasarkan tanggal, andapun bisa mengatur waktu menyala berdasarkan jam dan menit yang dinginkan. Cara pengaktifannya sendiri tidak jauh beda seperti menyalakan dengan mouse dan keyboard. Anda tinggal mengatur tanggal serta waktuyang diinginkan agar nantinya pada waktu yang ditentukan tersebut, secara otomatis sistem akan menyala.

Masih banyak fitur lain yang sebenarnya juga diusung, seperti misalnya wake on LAN atau melalui PCI modem. Beberapa BIOS juga menyertakan metode penyalaan PC melalui external modem.

=majalah PCplus=

%d bloggers like this: