Tips Cepat Menemukan Driver yang Tepat

Ada kalanya, kesulitan menemukan driver yang cocok untuk peranti PC anda. Ini biasa terjadi karena driver hilang aau rusak. Nah, apapun driver peranti hardware yang anda miliki, anda bisa meminta bantuan internet untuk mencarinya.

Sebenarnya soal driver anda cukup menghubungi site vendornya. Sayangnya tidak sedikit yang dibuat pusing lantaran sang vendor sudah tidak lagi menyediakan driver yang dimaksud. Untungnya, beberapa site internet cukup baik hati.

Bahkan beberapa diantaranya memfokuskan dirinya sebagai tempat berkumpulnya aneka macam driver seperti:

Driver Guide (login: drivers, password: all)
Win Drivers
Driver Collection

Sementara beberapa site instan yang bisa dituju diantaranya:

WindowsXP Drivers
Help Drivers
Ki Archive
Driver Zone
Pacos Drivers
Driver
to do Drivers
Drivers On-line
Scanner Drivers
CDrom Drivers

Namun, bila belum juga beruntung anda masih bisa meminta batuan search engine seperti Google, Yahoo!, dll. Untuk suksesnya gunakan keyword: model hardware, jenis, chipset, dll. Misalnya: download windows2000 driver lexmark z60

Motherboard Built-In (On-Board)

Kesulitan mencari driver juga sering dialami terutama pada motherboard built-in vga, sound atau modem. Nah jika anda menggunakan motherboard yang ada built in vga, sound, modem sebaiknya download driver dari vendor motherboard tersebut. Ini karena driver telah di “tune-in” untuk motherboard tersebut.

Namun jika tidak tahu alamat site pembuat mobo tersebut anda bisa menggunakan driver dari pihak lain meski tidak dijamin bakal berfungsi dengan baik. Karenanya, pastikan motherboard berasal dari vendor yang terpercaya.

Card OEM

Contoh OEM card diantaranya vga, sound card atau modem yang anda tidak tahu pengeluarnya. Sound card dari creative versi OEM dengan versi retail, misalnya. Vendor terkenal terkadang sering mengeluarkan versi OEM dengan versi retail. Vendor kecil-kecilan yang secara langsung tidak disebut perusahaannya. Apa yang perlu anda lakukan?

Yang perlu anda lakukan adalah mengetahui shipset VGA, sound card atau modem. Chipset dimaksud adalah sebuah ahip atau IC yang lebih besar yang menempel pada card tersebut. Anda bisa melihat nama vendor dan model yang tercetak pada chipset tersebut.

Bagaimana bila chipset tersebut ditutup oleh heatsink seperti yang banyak dialami oleh VGA card atau external modem, anda bisa menggunakan cara lain dan jangan sekali-kali mencabut heatsink atau buka modem kecuali garansi card sudah habis. Tapi anda bisa melihatnya melalui layar komputer anda.

  • Untuk VGA card, anda bisa melihat informasi chipset tersebut dari display properties. Control panel, display, settings…
  • Untuk sound card anda bisa melihat lewat: control panel, multimedia, device…
  • Sedang untuk modem anda perlu tahu chipset yang digunakan oleh modem tersebut. Misalnya, USR, PCTel, Texas Instrument, Motorola, Conexant dsb.

Halamn yang mengkhususkan dirinya dengan modem:

Modem Help Freeserve

Bila chipset tersebut sudah diketahui, selanjutnya tinggal menggunakan website di atas atau paling tidak menggunakan search engine-nya.

Tabloid Komputek

%d bloggers like this: