Mengatasi Windows XP yang Ngadat Tak Mau Diinstal

Pernahkah suatu kali anda merasa pusing tujuh keliling lantaran windows XP yang hendak anda instal ternyata “ngambek” dan selalu muncul perintah ”Press a key to reboot” ketika sistem pertama kali melakukan booting? Padahal semua persyaratan semuanya telah anda penuhi, termasuk pendeteksiannya pada BIOS.

Masalah semacam ini ditemukan ketika hardisk serial ATA akan diisi dengan sistem operasi windows XP.

1.    Mendownload start up disk
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload start up disk yang sangat diperlukan pada proses instalasi windows XP ini via situs pembuatnya. Microsoft sendiri menyediakan file download ini di http://microsoft.com/download. Jika anda telah mendownload kopilah file ini pada disket kosong yang telah diformat. Agar semua file tersebut bisa dikopi semua, 6 buah disket anda butuhkan untuk menampung file tersebut. Tandai masing-masing disket tersebut agar tidak tertukar urutan-urutannya. Ini penting karena nantinya sistem akan meminta anda memasukkan disket secara berurutan.

2.    Mengopi driver serial ATA ke floppy
Persiapan kedua yang wajib dilakukan adalah mengkopi driver serial ATA dari CD driver bawaan motherboardnya. Pada motherboard ASUS P4G8X, anda tinggal mengopi beberapa file driver serial ATA ini pada disket dengan begitu mudahnya. Pastiakn anda mengopi semua file yang diperlukan agar saat proses instalasinya, sistem tidak ngadat di tengah jalan lantaran tidak menemukan file yang sesuai. File ini harus anda persiapkan sebelumnya karena pada proses instalasi windows XP, sistem akan meminta anda menginstal driver pada pertengahan instalasi.

3.    Masukkan CD Windows XP pada CD ROM drive
Setelah semua file yang diperlukan telah anda persiapkan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan file windows XP pada CD ROM drive. CD ini perlu Anda masukkan sebelumnya agar pada proses instalasi nantinya bisa berjalan mulus

4.    Booting Awal Lewat Floppy
Setelah semua perangkat siap, langkah selanjutnya adalah masuk ke menu BIOS. Pastikan anda melakukan booting awal lewat floppy agar proses instalasi dapat dimulai. Ubah posisi floppy dengan menekan tombol plus (+) atau minus(-) agar floppy menempati urutan pertama untuk booting.

5.    Masukkan disket demi disket
Setelah setting BIOS telah anda kerjakan dan keluar dari menu tersebut, sistem akan melakukan booting lewat floppy. Pada langkah inilah keenam disket start up disk ini diperlukan. Anda tinggal mengikuti perintah yang muncul dilayar karena sistem secara otomatis akan meminta anda memasukkan disket satu demi satu secara berurutan.

6.    Instal driver serial ATA lewat floppy
Pada pertengahan proses, anda juga akan diminta untuk memasukkan file driver serial ATA. Ya, pada proses instalasi windows XP dengan serial ATA, drivernya harus diinstal pada pertengahan proses instalasi. Ini berbeda dengan instalasi pada Windows Millenium misalnya, di mana driver serial ATA diinstal setelah instalasi windows selesai. Setelah driver ini diinstal, sistem kembali akan meminta lanjutan disket star up disk untuk dimasukkan pada floppy.

Setelah semua disket start up disk sudah melakukan tugasnya, sistem akan bekerja sebagaimana mestinya, sama seperti ketika anda menginstal windows XP pada umumnya. Mudah bukan? Asal tahu triknya anda dapat lolos dari “ujian” yang satu ini. Memang sedikit berbeda dari proses instalasi pada umumnya. Selamat mencoba!

PCplus

%d bloggers like this: