Tips Merawat Mobil

Untuk mendapatkan kendaraan yang nyaman dan enak dikendarai, mobil ada baiknya senantiasa dirawat secara kontinyu. Layaknya manusia, mesin pun membutuhkan perawatan dan pemeriksaan secara rutin agar segera ditangani bila ada bagian yang rusak atau butuh perbaikan.

Pemeriksaan umum pada mobil sebaiknya dilakukan setiap 2 atau 3 bulan, baik untuk mobil yang sudah lama tidak digunakan atau setelah menempuh perjalanan panjang.

Beberapa langkah pemeriksaan umum kendaraan, antara lain meliputi:

1. Eksterior dan Interior
Ada baiknya jika Anda senantiasa membersihkan bagian eksterior dan interior kendaraan dari kotoran, karena bila terlalu lama menempel, kotoran tersebut akan mengeras dan mengakibatkan cat mobil terlihat kusam dan cacat. Sementara pada bagian interior, kotoran yang tidak segera dibersihkan akan menimbulkan bau tidak sedap.

2. Ban
Jangan lupa untuk memeriksa kondisi kembang ban dan tekanan anginnya.

3. Air
Senantiasa memeriksa kondisi air aki, air radiator, dan air washer wiper. Tambahkan bila jumlahnya berada di bawah batas minimum.

4. Oli
Periksa juga volume dan kualitas oli pada mesin, persneling, gardan, power steering, rem dan kopling.

5. Mesin
Jika tenaga mesin terasa berkurang atau bahkan ada suara-suara yang timbul di bagian mesin, itu artinya Anda harus mulai memeriksakan kondisi mesin kendaraan ke bengkel langganan terdekat.

6. Komponen penggerak
Periksa juga aneka komponen penggerak, seperti kopling, persneling, kopel, gardan, as, bearing roda, termasuk juga roda-roda. Pastikan komponen penggerak ini bergerak secara normal.

7. Lampu-lampu
Terakhir, pastikan semua lampu kendaraan Anda mulai dari lampu depan, lampu belakang, dan lampu rem, menyala dengan sempurna, karena Anda tentu tidak mau kan diseruduk oleh kendaraan lain lantaran lampu rem yang mati?

=Kompas=

%d bloggers like this: