Wasir / Ambeien / Hemoroid

Pengertian

Wasir atau Ambeien atau bahasa Inggrisnya Hemoroid adalah pelebaran pembuluh darah dibawah selaput lendir anus sehingga bisa membentuk gumpalan benjolan.

Wasir merupakan gangguan yang dipicu oleh melebarnya pembuluh-pembuluh darah di daerah anus. Pelebaran ini terjadi, karena terhambatnya aliran darah ke jantung. Pembuluh itu lalu tertutupi selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos, dan lama kelamaan membengkak serta membentuk tonjolan.

Pemicu utama wasir sangat sederhana, yakni saat susah buang air besar, penderita terpaksa mengejan habis-habisan. Oleh karena itulah, pembuluh darah di daerah bawah jadi melebar.

Penyebab

Terjadinya wasir disebabkan oleh terhambatnya aliran mudik darah menuju jantung, sehingga pembuluh darahnya melebar. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat menghambat aliran darah: melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, atau terlalu banyak duduk. Ketahanan tubuh menurun juga dapat menyebabkan wasir.

Penyakit diare kronis pun bisa memicu wasir. Saat diare, penderita buang air besar berulang-ulang, sehingga pembuluh darah yang melebar dan tertutup oleh selaput lendir, jaringan ikat atau kulit, terlalui kotoran dan terinfeksi.

Faktor yang mempengaruhi juga adalah kehamilan, kegemukan, dan pola makan serta pola buang air besar. Selain itu faktor keturunan juga dapat menyebabkan terjadinya Ambeien. Ini dikarenakan struktur anusnya yang salah. Penelitian ini sudah diteliti dengan hasil 90% wasir disebabkan oleh faktor keturunan.

Wasir bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang status dan usia. Namun, penyakit ini tidak menyerang anak-anak. Kalaupun anak sulit buang air dan timbul bercak darah di area bawah, biasanya itu hanya luka di anus. Darah ini pun tidak menetes, dan hanya menempel di feses.

Gejala

Dari gejala-gejala wasir dapat diketahui tingkat ringan sampai parahnya. Berikut ini pembagian berdasarkan gejalanya , yaitu :

  1. Terjadi pendarahan dengan rasa gatal
  2. Terjadi pendarahan disertai rasa sakit dan muncul benjolan kecil, namun tidak mengganggu proses buang air besar / BAB
  3. Terjadinya pendarahan dengan benjolan besar, tetapi dapat masuk kembali
  4. Terjadinya pendarahan ditandai dengan benjolan yang nongol setelah buang hajat dan tidak dapat masuk sendiri, sehingga harus dibantu untuk memasukkannya kembali.
  5. Benjolan tidak dapat masuk kembali walaupun sudah dibantu. Ini terjadi karena adanya proses pengerasan dan pembekuan darah. Pada tingkat ini penderita akan sangat merasa kesakitan.

Tips bila wasir dengan bekuan darah menyebabkan nyeri, maka lakukan beberapa tindakan berikut ini “duduk berendam dalam air hangat”; “mengoleskan salep obat bius lokal”; dan “pengompresan dengan kemiri”. Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang beberapa saat kemudian, dan bekuan menghilang setelah 4-6 minggu.

Kadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus BUKAN gejala dari wasir. Rasa gatal bisa terjadi karena sulit untuk menjaga kebersihan di daerah yang terasa nyeri ini.

Pengobatan

Untuk pengobatan wasir penderita ringan cukup dengan banyak minum untuk menjaga agar usus kita tetap terhidrasi dan tinja cukup lunak sehingga mudah dikeluarkan, makan menu tinggi serat, usahakan BAB secara rutin. Bagi penderita yang sudah muncul benjolan kecil, cukup oleskan krim yang mengandung kortikosteroid dan bahan anestetik lokal dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri.

Berikut ini beberapa buah-buahan yang dikatakan dapat mengobati Ambeien adalah buah sirsak karena banyak mengandung zat gizi dan serat, atau konsumsi nanas 4-5 buah setiap hari karena bromelinnya dapat menghentikan pendarahan dan serat yang dikandung dapat memperlancar buang air besar.

Ambeien yang lebih berat dapat diatasi dengan cara pengikatan bagian yang bengkak dengan karet agar “mati” dan lepas dengan sendirinya. Namun, cara ini sangat tradisional dan sudah jarang digunakan orang. Bisa-bisa tambah sakit.

Cara mutakhirnya bisa dengan operasi yaitu mengangkat benjolan tersebut, namun karena banyak yang takut jadi kita bahas sampai disini aja. Cara mutakhir yang lain adalah dengan penyuntikan cairan iritan (sudah diterima di dunia kedokteran, jadi tenang aja). Setelah dilakukan penyuntikan pembuluh darah yang membengkak akan mengalami pengerutan. Metode lainnya yang pasti tidak perlu operasi adalah Transproctoscopic Doppler Ultrasound Haemorrhoidal Artery Ligation dengan hanya menjalani tindakan pengikatan pembuluh darah arteri yang mengarah ke pembengkakan ambeien. Proses ini bisa dibilang cukup sederhana.

Jika ogah dengan cara diatas juga, masih ada cara tradisional yang lain yaitu, “Daun wungu” sudah lama dikenal untuk mengobati Wasir. Karena senyawa flavonoid dalam daun wungu mampu mengurangi pembengkakan atau peradangan.

Daun ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.250 dpl (di atas permukaan laut). Tumbuh baik pada tempat terbuka yang terkena sinar matahari, dengan iklim kering atau lembab. Jika berniat, jangan lupa saya titip 1 ya. Permukaan daun berwarna ungu mengkilap dan berbau kurang sedap. Daunnya berbentuk bulat telur dengan pangkal dan ujung daun meruncing, sedangkan tulang daun menyirip.

Tips bagi Ibu Hamil. Untuk menghindari Wasir, ibu hamil bisa meningkatkan serat dengan cara memakan roti dan sereal, beras merah dan pasta. Asam folic merupakan suplemen tambahan yang ditambakhan dalam makanan ibu hamil. Kebutuhannya kira-kira sebesar 200 mg perhari. ( Tapi jangan lupa tanyakan kedokter terlebih dahulu)

infohidupsehat.com

%d bloggers like this: