Aplikasi Wireless di GNU/Linux

Apakah Anda telah mendapati wireless card bekerja baik di distro GNU/Linux, atau sudah menemukan solusinya melalui hacking menggunakan NDISWrapper, maka kebutuhan Anda berikutnya adalah mencari aplikasi yang dipakai mengoneksikan komputer ke wireless network alias WiFi.

Untuk instalasi vanilla basis GNOME dan KDE, aplikasi semacam ini sudah ada dan langsung bekerja. Sayangnya, aplikasi tadi tidak selalu cocok untuk semua orang. Itulah mengapa, tulisan ini mencoba menyuguhkan beberapa aplikasi wireless di GNU/Linux. Selamat memilih.

KnetworkManager: jika Pembaca menggunakan distro dengan desktop KDE, maka inilah aplikasi default yang bakal Anda temukan. KnetworkManager adalah pilihan terbaik untuk pengguna KDE yang menginginkan koneksi Internet segera tanpa banyak bersusah payah.

KnetworkManager mensupport enkripsi WEP, WPA dan WPA Enterprise. Disamping itu, ada pula support untuk akses dasar dial-up. Dan tentu saja, ia menyediakan kemampuan VPN.

Wlassistant: dikenal juga sebagai “wireless assistant,” wlassistant adalah alternative untuk Knetworkmanager. Perbedaan antara KnetworkManager dengan wlassistant nyaris tak terasa. Utility ini mensupport WEP, WPA dan WPA2.

network-manager-gnome: seperti halnya Knetworkmanager sebagai aplikasi default untuk pengguna KDE, network-manager-gnome adalah tool koneksi default bagi pengguna GNOME. network-manager-gnome mensupport WEP, WPA dan WPA2.

Wicd: aplikasi ini tidak terpaku pada desktop GNOME atau KDE. Uninstall saja network utility yang Anda gunakan sekarang, dan install Wicd. Program ini berjalan mulus di Ubuntu, Fedora dan Arch Linux. Aplikasi ini juga menghadirkan support solid untuk WEP, WPA dan WPA2 (WPA1/2). Dan tidak seperti network-manager, anda harus memilih WPA Supplicant driver, daripada mengandalkan otomasi WEXT.

WiFi Radar: seperti halnya Wicd dalam banyak aspek, aplikasi ini dapat dijalankan dari GNOME dan KDE. WiFi Radar mensupport WEP, WPA dan WPA2; akan tetapi, tidak seperti Wicd, Anda harus memasukkan secara manual nama WPA driver ke boks yang tersedia.

Sekarang kita beralih ke aplikasi yang jarang dipakai dan juga tergolong lama.

RutilT: Didesain untuk wireless card Ralink chipset, utility tidak dianjurkan untuk digunakan.

GTKWiFi: kurang mantap untuk koneksi ke jaringan WPA terpoteksi. Akan tetapi, GTKWifi menjalankan tugasnya sejalan dengan GNOME network-manager yang menggunakan koneksi open dan WEP.

Komputekonline.net

%d bloggers like this: