Hardware-Hardware Rewel di Linux

Pembaca, kami berkali-kali ditodong pertanyaan. Hardware apa yang harus dihindari sebelum menginstall GNU/Linux? Daftar hardware yang kudu dihindari sebenarnya jumlah jauh lebih sedikit dari yang diduga. Namun, tulisan ini mencoba menyebutkan beberapa hardware umum yang seringkali bermasalah di GNU/Linux.

Broadcom Wireless. Sekalipun digarap developer-developer baik hati, mendapati koneksi wireless dengan chipset ini ternyata tidaklah mudah, meski informasi teknis banyak bertebaran di Internet. Layanan wireless dapat berjalan baik di GNU/Linux. Saran kami, sebelum menanam GNU/Linux sebaiknya Anda mengecek HCL (hardware compatibility list) tiap distro.

ATI Video Card. Meski ada sejumlah perbaikan belakangan ini, kami tidak menemukan satu alasan pun untuk menggunakan produk ini di desktop Linux. Jika Anda tidak mengetahui banyak tentang ATI card, sebaiknya Anda memakai NVIDIA atau Intel graphics card.

Seagate. Perusahaan hard drive ini secara terang-terangan ogah mendukung GNU/Linux. Silahkan lihat di sini.

Winmodem. Kami tidak mengatakan software modem tidak bekerja di GNU/Linux, namun kami menyarankan pengguna GNU/Linux tidak menggunakan winmodem. Kendati kerja fantastis seperti proyek Linmodem, kami lebih suka menggunakan opsi lain khususnya bila Anda memiliki koneksi dial-up.

Saran Akhir

Kami menyarankan Anda berhati-hati dan lebih proaktif manakala hendak menyulap komputer built-for-Windows menjadi komputer GNU/Linux. Pertama, gunakanlah LiveCD untuk memastikan distro dan komputer yang hendak dipakai berjalan mulus.

Periksa apakah dukungan resolusi dan sound card berjalan lancar. Kami tidak mengatakan masalah resolusi graphics card dan sound card tidak dapat dipecahkan. Pertimbangkan pula untuk membeli komputer dari vendor yang mensupport distro yang Anda pakai.

Komputekonline.net

%d bloggers like this: