Tips untuk Meningkatkan Kesehatan Anda

Nutrisi yang baik adalah salah satu kunci kesehatan yang baik. Ini berarti Anda harus memastikan selalu memakan makanan yang mengandung banyak Vitamin dan Mineral seperti buah-buahan, sayur-sayuran, serelia, dan susu rendah atau tanpa lemak.

Perlukah saya mengubah apa yang saya makan?

Jika jawaban Anda lebih banyak Iya” untuk pertanyaan2 dibawah ini, maka Anda perlu berkonsultasi mengenai nutrisi dengan dokter anda.

  • Apakah dokter anda berbicara kepada anda mengenai masalah kesehatan atau factor resiko seperti tekanan darah tinggi atau kolestrol yang tinggi
  • Apakah dokter anda berbicara bahwa masalah kesehatan tersebut bisa diperbaiki dengan mengkonsumsi nutrisi yang baik.
  • Apakah didalam keluarga anda ada yang menderita diabetes, kanker, sakit jantung dan osteoporosis
  • Apakah anda kelebihan berat badan ?
  • Apakah anda mempunyai pertanyaan2 mengenai jenis2 makanan yang seharusnya Anda makan atau apakah Anda perlu mengkonsumsi vitamins.
  • Apakah anda berpikir bahwa menemui seorang ahli gizi dapat bermanfaat bagi Anda.

Sulitkan mengubah kebiasaaan makan saya ?

Barangkali memang berat, akan tetapi perubahan yang kecil pun dapat memperbaiki kesehatan anda . Kuncinya adalah tetap memakan makanan yang baik dan selalu berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi anda, Sehingga mereka dapat selalu memantau keadaan anda. Dibawah ini ada pertanyaan2 yang dapat memperbaiki pola makan anda.

  • Temukan kelebihan dan kekurangan dalam diet anda saat ini. Apakah anda makan 4 ½ cangkir buah dan sayur-sayuran setiap hari ? apakah anda mendapat cukup calsium ? apakah anda makan serelia, makanan berserat tinggi secara teratur ? jika iya, maka anda berada dalam jalur yang benar, pertahankanlah pola makan anda. Jika tidak maka tambahlah makanan2 tersebut dalam pola makan anda sehari-hari.
  • Buat perubahan secara sedikit sedikit dan perlahan lahan dari pada mencoba perubahan secara besar-besaran dan cepat. Perubahan kecil dan perlahan2 lebih mudah dilakukan dan mudah dipertahankan.
  • Tulislah makanan yang anda konsumsi setiap hari. Catatan ini akan membantu anda bila anda perlu makan lebih banyak dari salah satu kelompok makanan (seperti buah2an, sayur2an atau makanan dari produk susu) atau jika anda harus mengurangi konsumsi dari kelompok makanan lain (seperti makanan yang telah diproses atau makanan tinggi lemak)
  • Mintalah saran seorang ahli gizi jika anda belum melakukannya, , terutama jika Anda mempunyuai masalah kesehatan yang mengharuskan anda untuk mengikuti pola diet tertentu.

Dapatkah saya mempercayai informasi Nutrisi yang saya dapatkan melalui Surat Kabar dan majalah ?

Tips Nutrisi dan pola makan dari berbagai sumber kadang berbeda satu sama lain. Anda harus selalu mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter anda. Juga selalu ingat saran dibawah ini :

  • Tidak ada Senjata ajaib jika berbicara mengenai nutrisi.. program Diet Jangka pendek mungkin dapat membantu anda untuk mengurangi berat badan, tetapi hal tsb sulit untuk dipertahankan dan mungkin tidak sehat untuk dilakukan dalam waktu jangka panjang.
  • Nutrisi yang baik tidak datang dari Pil Vitamin. Konsumsi vitamin hanya jika dokter anda merekomendasikannya, tubuh anda akan menerima banyak keuntungan dari konsumsi makanan yang sehat dari seluruh kelompok makanan.
  • Memakan makanan yang bervariasi adalah yang terbaik untuk tubuh anda, jadi cobalah makan baru.
  • Cerita mengenai keberhasilan seseorang yang menggunakan program atau produk diet terutama pada iklan atau infomercial hanyalah bertujuan untuk menjual produk. orang-orang ini biasanya dibayar untuk memberikan testimoni untuk menjual apa yang diiklankan.

Ingat, peningkatan berat badan atau masalah2 yang hadir setelah seseorang menyelesaikan program tersebut tidak pernah di bahas dalam iklan tersebut.

Perubahan apa yang dapat saya lakukan dalam dalam diet saya saat ini ?

Hampir setiap orang mendapatkan manfaat dari mengurangi makanan yang mengandung lemak tidak sehat. Jika Anda saat ini anda memakan banyak lemak, rubahlah salah satu atau dua dibawah ini :

  • Daripada mengoreng daging cobalah untuk memanggang, membakar, atau merebusnya. Buang kulit ayam atau kalkun sebelum memakannya. Makanlah ikan paling sedikit satu kali seminggu.
  • Kurangi lemak extra, seperti margarine atau mentega di roti anda, sour cream pada kentang bakar dan salad dressing. Gunakan versi yang rendah lemak atau tanpa lemak untuk penyedap pada makanan tersebut.
  • Konsumsi buah dan sayuran yang cukup saat makan dan gunakan keduanya sebagai makanan ringan.
  • Ketika makan diluar rumah, hati-hati dengan lemak yang tersembunyi (sepeti pada salad dressing dan makanan penutup) dan porsi makanan yang besar.
  • Baca label nutrisi pada makanan sebelum anda membelinya. Jika butuh bantuan untuk membaca label tersebut tanyakan kepada dokter atau ahli gizi anda.
  • Minum minuman yang sedikit atau tanpa kalori seperti air putih, teh tanpa pemanis dan diet soda.

Nutrisi yang seimbang dan latihan yang teratur baik untuk kesehatan anda, walaupun berat badan anda tidak ada perubahan. Cobalah untuk menetapkan suatu tujuan yang dapat anda dicapai dengan baik seperti perubahan kecil yang telah disebutkan diatas atau lebih banyak berjalan kaki dalam kehidupan anda sehari-hari

familydoctor.org

sehatgroup.web.id

Advertisements
%d bloggers like this: