Analisis dan Memperbaiki Gangguan Pada Sistem Bahan Bakar Diesel

1. Sistem Injeksi Bahan Bakar Tidak Berfungsi dengan Baik

Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi
a. Bahan bakar bocor dari pipa tekanan tinggi – Keraskan Mur Pengikat pipa tekanan tinggi / ganti dengan pipa tekanan yang baru
b. Nozzle rusak – Ganti dengan nozzle yang baru
c. Ada udara pada saluran bahan bakar – Keluarkan udara dari saluran bahan bakar dengan cara memompakan priming pump
d. Saat penginjeksian bahan bakar terlambat – Setel pada penginjeksian bahan bakar
e. Control rack tidak berfungsi – Perbaiki mekanisme control rack
f. Automatic timer tidak tepat – Setel automatic timer

2. Gangguan Pada Saluran Sistem Bahan Bakar

Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi
a. Saringan pada pompa pemindah tersumbat – Bongkar pompa pemindah dan bersihkan saringannya
b. Saringan bahan bakar tersumbat – Ganti elemen saringan bahan bakar
c. Tangki bahan bakar kotor – Bersihkan tangki bahan bakar
d. Kemampuan pompa  pemindah yang sangat rendah – Perbaiki / ganti
e. Injeksi bahan bakar tidak tepat – Setel saat penginjeksian dengan cara menggeserkan pompa injeksi
f. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke silinder tidak sama – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
g. Governor kurang baik – Setel pompa injeksi pada test bench
h. Ada angin pada saluran bahan bakar – Bleeding
i. Bahan bakar bocor pada pipa tekanan tinggi – Keraskan mur pengikat pipa tekanan tinggi / ganti pipa tekanan tinggi

3. Engine Knocking / Detonasi

Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi
a. Atomisasi nozzle kurang baik / tekanan penginjeksian tidak tepat – Overhaul nozzle, bersihkan komponen-komponen dan ganti jika rusak, kemudian stel tekanan nozzle sesuai spesifikasi
b. Bahan bakar tidak tepat (angka cetane rendah) – Ganti dengan bahan bakar yang sesuai
c. Saat injeksi bahan bakar terlalu cepat – Setel pemasangan pompa terhadap mesin
d. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak rata – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench

4. Putaran Mesin Kasar, Khususnya Pada Putaran Idle

Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi
a. Jam bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak sama – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
b. Control rack tidak berfungsi – Bongkar control rack dan setel mekanismenya
c. Idling spring capsule setelannya kurang baik – Setel
d. Diafragma governor tidak berfungsi – Periksa dan ganti jika rusak
e. Atomisai Nozzle kurang baik / tidak tepat – Stel nozzle dan ganti jika rusak

5. Mesin Susah dihidupkan

Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi
a. Bahan bakar tidak sampai ke pompa injeksi / bocor – Periksa saluran bahan bakar dan perbaiki jika bocor
b. Saluran bahan bakar tersumbat oleh udara – Bleeding
c. Saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar tersumbat – Bersihkan / ganti saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar
d. Kemampuan pompa pemindah menurun / tidak sesuai spesifikasi – Perbaiki / ganti pompa pemindah
e. Pipa tekanan tinggi lepas, longgar / pecah – Kerusakan mur / ganti
f. Control rack tidak mencapai posisi tempat bahan bakar yang diinjeksikan – Perbaiki control rack dan perbaiki pula mekanismenya
g. Delivery valve rusak – Ganti
h. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan terlalu sedikit, karena pompa pemindah rusak – Perbaiki / Ganti pompa pemindah
i. Tekanan penginjeksian bahan bakar terlalu rendah – Setel / kalibrasi nozzle sesuai spesifikasi
j. Saat penginjeksian bahan bakar terlalu rendah – Setel saat penginjeksian
k. Governor / full load capsule setelannya kurang baik – Setel pompa injeksi pada test bench

6. Mesin Asapnya Banyak, tetapi Mesin Tidak Mau Menyala

Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan Cara Mengatasi
a. Saat penginjeksian bahan bakar terlambat – Setel saat penginjeksian
b. Timer lock nut longgar atau lepas – Kerusakan mur pengunci timer
c. Atomisasi bahan bakar tidak baik – Perbaiki dan setel nozzle / ganti
d. Kotoran (karbon) berkumpul pada nozzle needle – Bersihkan nozzle / ganti jika rusak
e. Angka cetane terlalu rendah – Ganti jenis bahan bakar
f. Bahan bakar tercampur air – Ganti bahan bakar

7. Selama Mesin di Starter Mengeluarkan banyak Asap

Kemungkinan Penyebab kerusakan Cara Mengatasi
a. Timer injektor timing terlalu cepat / lambat – Bongkar automatic timer dan setel
b. Pemasangan pompa injeksi terhadap saat penginjeksian tidak tepat – Periksa pemasangan pompa injeksi dan tempatkan saat penginjeksian (sesuai spesifikasi)
c. Atomisasi bahan bakar kurang baik – Perbaiki dan ganti nozzle
d. Nozzle rusak – Ganti Nozzle
e. Kotoran (karbon) berkumpul pada nozzle needle – Bersihkan dan ganti jika rusak
f. Sekrup control pinion clamp lepas / longgar – Setel posisi control pinion dan keraskan sekrupnya
g. Delivery value rusak – Ganti
h. Delivery value spring putus – Ganti pegas
i. Setelan full load capsule tidak baik – Setel full load capsule
j. Pneumatic governor link / stopper aus – Perbaiki / ganti mekanisme governor pneumatic

8. Selama Mesin Hidup Banyak Mengeluarkan Asap

Kemungkinan Penyebab kerusakan Cara Mengatasi
a. Saat penginjeksian bahan bakar terlalu cepat – Tepatkan saat penginjeksian sesuai spesifikasi
b. Bahan bakar bercampur air – Ganti bahan bakar
c. Cincin torak dan dinding silinder bocor sehingga minyak pelumas naik ke ruang bahan bakar – Ganti cincin torak dan perbaiki dinding silindernya
d. Oli silinder katup bocor, sehingga minyak pelumas masuk ke ruang bakar – Ganti
e. Bahan bakar yang diinjeksikan terlalu banyak – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
f. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak sama – Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
g. Udara yang masuk kedalam silinder terlalu sedikit karena saringan udaranya tersumbat – Bersihkan saringan / ganti
h. Oli mesin terpompa ke atas – Periksa permukaan oli dan sesuaikan jumlahnya